News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kembali Untuk Ke Tiga Kalinya Air Limbah B3 Yang langsung Di Alirkan Dari PT. Pindo 3, Dan PT. Baja yang Mencemari Sungai Cibeet Dan Berdampak Ke 4 Desa Di Telukjambe Barat

Kembali Untuk Ke Tiga Kalinya Air Limbah B3 Yang langsung Di Alirkan Dari PT. Pindo 3, Dan PT. Baja yang Mencemari Sungai Cibeet Dan Berdampak Ke 4 Desa Di Telukjambe Barat

KARAWANG | KILATBERITA.COM | Limbah merupakan masalah besar yang dirasakan di hampir setiap wilayah industri, Jumlah limbah akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Masalah limbah industri merupakan salah satu yang perlu diperhatikan oleh para pelaku industri dan pemerintah, karena dapat menimbulkan berbagai bahaya dan kerusakan lingkungan yang berdampak pada makhluk hidup jika tidak dikelola dengan baik. 

Limbah industri adalah residu atau limbah yang dihasilkan dari kegiatan industri. Dengan kata lain limbah industri adalah limbah yang dihasilkan dalam proses kegiatan produksi industri. Berbagai jenis limbah dihasilkan tergantung pada produk industri yang diproduksi. Salah satu nya limbah kertas dan baja yang sekarang lagi jadi bahan pergunjingan warga, hingga beberapa warga ramai-ramai demo ke pabrik.
Sabtu, 24/08/2024.

Hal ini terjadi di 4 titik Desa Wilayah Teluk Jambe Barat, yang hadir juga wakil desa dan Kadus ke lokasi pembuangan limbah hingga sempat terpicu emosi kepada perkelahian dengan salah satu karyawan PT. Pindo 3. 

Dari Salah seorang warga berinisial S yang berhasil kami wawancara menuturkan bahwa, "Saya sebagai warga Wanajaya RT 02 RW 01, keluhan saya mohon kiranya pemerintah kab. Karawang kami warga meminta pengen dikasih air bersih, yang utamanya air bersih ini untuk semua warga 4 Desa itu mengeluh tidak ada air bersih dan selama ini belum ada bantuan air bersih, jadi saya mewakili tolong ke pemerintah untuk secepatnya di bantu dikasih air bersih, "Tegasnya.

"Setidaknya kami bisa bertahan, sebab bila kami konsumsi air sungai yang sudah tercemar limbah bisa berdampak bakal jadi penyakit nantinya, "Ungkapnya

"Dari pencemaran Limbah sekarang ini dampaknya semuanya pada mengeluh, ada Empat Desa, dan Untuk Desa Wanajaya banyak masyarakat jadi korban, sehingga tidak bisa memanfaatkan air sungai untuk di konsumsi untuk mandi juga banyak dampak badan gatal-gatal, dan alergi dan kami tidak bisa mandi hingga beberapa lama,  saya memohon kepada pemerintah tolong diusahain air bersih yang utamanya buat sehari-hari konsumen buat nyuci,  buat mandi, "jelasnya.

"Dan juga kepada pemerintah agar bertindak tegas terhadap perusahaan pabrik yang sengaja membuang limbahnya langsung ke sungai cibeet ini, kami dari warga juga tidak akan tinggal diam dan akan ke pabrik untuk minta pertanggung jawaban dari pabrik karena sudah membuang limbah yang sudah mencemari air sungai cibeet ini, "Tegasnya.

Kami Warga dari empat akan kembali demo ke pabrik Pindo Deli 3 yang mana sudah dua kali kami meminta pertanggungjawaban terhadap PT. Pindo Deli 3 tersebut tetapi tidak ada titik temu untuk itu kami memohon kepada pemerintah untuk menindak tegas terhadap pembuangan limbah B3 yang langsung di alirkan ke sungai cibeet, hingga airnya berubah hitam kelam seperti Ter dan kami merasa di rugikan sebagai warga sudah tidak bisa menggunakan air sungai sebagai kebutuhan kami untuk bersih-bersih, mandi, cuci dll, Pungkasnya.

Team

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.